STANDAR PELAYANAN

SMK Negeri 1 Balikpapan

 

NARASI

 

SMK NEGERI 1 BALIKPAPAN DALAM MERAIH STANDAR PELAYANAN

 
SMK Negeri 1 Balikpapan yang berdiri pada 1960 dengan nama STM Negeri Balikpapan di Jl. Pierre Tendean Gunung Pasir, semenjak 1985 pindah ke Jl. Marsma R. Iswahyudi Sepinggan hingga menyesuaikan kebijakan Pemerintah sehingga namanya menjadi SMK Negeri 1 Balikpapan dengan luas 4,5 hektar.

Setelah mendapat masukan dari stakeholder pendidikan dan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pada tanggal 3 Oktober 2012, maka dirumuskan:
 
Visi:
Terwujudnya SMK Negeri 1 Balikpapan yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup dengan tamatan yang berkarakter, kompeten dan mampu bersaing di tingkat Nasional  maupun Internasional
 
Misi:
1. Membangun mental dan sikap peserta didik yang berilmu pengetahuan, berteknologi, beriman serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Mengembangkan Kurikulum berbasis industri dan berkarakter bangsa
3. Menyelenggarakan pembelajaran bertaraf Nasional maupun Internasional.
4. Meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi
5. Menciptakan budaya Bersih, Hijau dan Sehat (Clean, Green and Healthy) di lingkungan sekolah
6. Menerapkan sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K 3)
7. Menerapkan SMM ISO 9001:2008 dengan konsisten dan konsekuen
 
Setelah dijabarkan dalam Renstra, maka Badan Akreditasi Nasional (BAN) mengakreditasi Program Studi di SMK Negeri 1 Balikpapan dengan nilai :
1. Rekayasa Perangkat Lunak Akreditasi peringkat A (Amat Baik)
2. Teknik Pendingin & Tata Udara, Akreditasi peringkat A (Amat Baik)
3. Survey dan Pemetaan Akreditasi, peringkat A (Amat Baik)
4. Multimedia, peringkat A (Amat Baik)
5. Teknik Komputer dan Jaringan, peringkat A (Amat Baik)
6. Teknik Elektronika Industri, peringkat A (Amat Baik)
7. Teknik Elektronika, peringkat A (Amat Baik)
8. Teknik Bangunan, peringkat A (Amat Baik)
9. Teknik Alat Berat, peringkat A (Amat Baik)
10. Teknik Fabrikasi Logam, peringkat A (Amat Baik)
11. Geologi Pertambangan, peringkat A (Amat Baik)
12. Teknik Instalasi Tenaga Listrik, peringkat A (Amat Baik)
13. Teknik Otomasi Industri, peringkat A (Amat Baik)
14. Teknik Pemesinan, peringkat A (Amat Baik)
15. Teknik Plumbing dan Sanitasi, peringkat A (Amat Baik)
 

Prestasi monumental lain yang dicapai adalah  dapat meraih ISO 9001:2008 Sistem Manajemen Mutu sejak tahun 2004 sebagai sekolah kedua di Indonesia yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu berbasis proses tersebut di semua program studi SMK Negeri 1 Balikpapan.

Sejumlah 272 Dunia Industri dan Dunia Usaha telah menjalin hubungan kerjasama dengan program studi yang ada SMK Negeri 1 Balikpapan ini, baik untuk praktik kerja industri, guru tamu, perekrutan dan lain-lainnya. Bahkan praktik kerja industri di luar negeri (Malaysia) pada tahun 2009.

SMK Negeri 1 Balikpapan yang berlokasi di kawasan Sepinggan Raya, merupakan salah satu sekolah kejuruan (Vokasi) yang memiliki 18 Kompetensi Keahlian dengan 1846 siswa, 136 Guru (diantaranya 16 berpendidikan S2)  dan 31 tenaga administrasi di bulan Juni 2013.

Tenaga Pendidik dan Kependidikan menurut ISO 9001:2008 adalah yang memiliki pendidikan, pelatihan, keterampilan, pengalaman yang sesuai. Untuk itu, maka Tenaga Pendidik dan Kependidikan menurut standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Permendiknas) secara jumlah 100% tercapai; kompetensi 100% tercapai, dan kualifikasi 98,5% tercapai (masih 2 personil yang belum S1 di masa peralihan ini). Dalam prosesnya Tenaga Pendidik dan Kependidikan di sekolah ini memiliki banyak pengalaman baik dari daerah, regional, nasional maupun internasional, seperti 16 guru bergelar master nasional dan internasional; training di negara-negara Asia, Austria, Jerman, Australia,  Amerika; pertukaran pelajar/guru dengan Amerika Serikat; mewakili Indonesia di event negara APEC, dan lain-lainnya sehingga di sekolah ini memiliki Kepala Sekolah dan guru prestasinya.

Di tahun 2009, SMK Negeri 1 Balikpapan pernah menerapkan sistem penerimaan peserta didik baru secara online bekerja sama dengan para pakar IT. Karena saat itu adalah waktu yang kurang  mendukung, maka untuk tahun tahun berikutnya kembali kepada sistem manual.

Siswa SMK Negeri 1 Juga memperoleh beberapa juara/penghargaan kejuaraan baik di bidang ketrampilan, olahraga, maupun seni di daerah, regional dan Internasional, seperti Juara Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Nasional di beberapa Kota, Lomba Sepakbola dan Futsal Nasional, dan lain sebagainya.

Peran aktif SMK Negeri 1 Balikpapan di era globalisasi sangat besar sekali dengan jalinan kerjasama dengan negara-negara di Asia, Australia, Eropa dan Amerika. Beberapa yang bekerjasama dengan lembaga ini dalam penyelenggaraan Workshop Internasional di SMK Negeri 1 Balikpapan seperti Korea dengan ALCOB (APEC Learning Community Builders), Jerman dengan INWENT, bahkan beberapa bulan yang lalu mendapat kunjungan pendidikan Duta Besar Amerika, Scott Marcell dan disusul dengan kerjasama seni dan budaya dengan menampilkan Grup Band San Franssisco  “Audio Pharmacy” di DOME.

Sarana dan prasarana SMK Negeri 1 Balikpapan sesuai dengan standar sarana prasarana Permendiknas No. 40 tahun 2008, bahkan di tahun 2004 mendapat bantuan dana Pemerintah Pusat dan Daerah sebesar Rp.40 M untuk dikembangkan menjadi sekolah model di Indonesia tengah dengan 18 Program Keahlian.

>Penanganan Pengaduan yang disalurkan melalui kotak pengaduan, SMS 081545957777, fax 0542- 761985, dan email sekolah@smkn1-bpn.sch.id dapat dilayani oleh staf khusus humas. Ternyata pelanggan lebih menyukai dan kirim keluhannya terbanyak melalui SMS. Dan isi keluhan mayoritas hal-hal kecil yang masih bisa diperbaiki seperti ban kempes, kehilangan kunci sepeda motor, helm dan lain sebagainya.

Indek Kepuasan Masyarakat, alhamdulillah di atas rata-rata (lihat grafik pada analisa kepuasan pelanggan). Kami selalu meningkatkan perbaikan dari hasil yang diperoleh (continual improvement), sehingga pelanggan akan senantiasa puas terhadap pelayanan SMK Negeri 1 Balikpapan.

Sistem Informasi Sekolah (SIS) dapat dilihat pada website www.smkn1-bpn.sch.id. Informasinya melayani siswa, alumni, guru dan juga membuka buku tamu bahkan sistem ini secara modern memuat pembelajaran secara online dengan menggunakan CMS (Content Management System) Balitbang Depdikbud yang sudah diterapkan oleh beberapa orang guru.

Produk pencapaian kinerja dapat dilihat pada ketercapaian sasaran mutu SMK Negeri 1 Balikpapan yang setiap tahun ditingkatkan menyesuaikan perkembangan waktu. Dari 7 Sasaran Mutu yang ditargetkan maka semua mencapai 100%, kecuali Penghargaan Adiwiyata yang diundur waktu penilaiannya dan Kualifikasi Pendidik  98,5% (Peralihan masih 2 guru yang sarjana muda/D3).

SMKN1 yang meraih nilai Amat Baik (A) di semua Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN), berprinsip perbaikan kelanjutan dalam ISO 9001:2008 memiliki maklumat pelayanan “Dengan ini, Kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan dan apabila tidak menepati janji ini, Kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku” sehingga berkeinginan menyesuaikan diri dan menambah standar pelayanannya sesuai dengan Standar Pelayanan Permen-PAN No.36 tahun 2012. Harapannya akan lebih memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

               

SMKN 1 Balikpapan. Copyright 2018 SIS SMKN 1 Balikpapan